Welcome
image

DR. BAMBANG SUWIGNYO, M.Sc

+62747492595

Kategori
LINK

Detik

Jawa Pos

Kedaulatan Rakyat

Kompas

Kulon Progo

DIY

KLH

AusAID

CIDA

DEC

IFS

JICA

KNIP

ORC Trust Fund

RISTEK

SAREP

SGPPTF

SIDA

TOYOTA

UNDP

Clock

 

Pesan


Bambang Suwignyo UGM, Sekolah Farming

image

SEKOLAH FARMING KKN PPM UGM (1)

Media Edukasi Lingkungan Dan Cinta Desa

Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) sangat dikenal dengan program-program inovatifnya. Komitmen UGM untuk berkontriusi dalam pembangunan bangsa baik tidak hanya di perkotaan tetapi juga di pedesaan bahkan daerah pelosok termasuk daerah perbatasan menjadikan KKN UGM selalu memiliki kebaruan dalam banyak aspek. Ini adalah wujud dari keinginan UGM untuk mengakar kuat dan menjulang tinggi ke langit, menjulang tinggi yang membawa kemanfaatan pada banyak orang seperti menara air dan bukan sekedar indah untuk dilihat (menara gading). Salah satu program unggulan mahasiswa KKN PPM UGM adalah “sekolah farming” atau secara subtansi adalah pengenalan pertanian peternakan kepada anak-anak usia sekolah dasar (SD) yang dilakukan oleh mahasiswa KKN di Blora dan Tuban.

Hal ini dilakukan karena dari observasi kebanyakan para pemuda desa meninggalkan desa untuk kerja di kota setelah lulus sekolah (SLTA apalagi kuliah), sehingga para petani adalah mereka yang rata-rata pada usia sekitar 50 tahun. Ada pemikiran bahwa perlu ada edukasi kepada calon “petani muda” dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada dunia pertanian peternakan sedini mungkin, terlebih pertanian ramah lingkungan. Program ini dilakukan oleh mahasiswa KKN di Kebonrejo, Banjarrejo, Blora dengan mengajak anak-anak sekolah usia SD langsung mengenalkan aktivitas bertani melalui vertikultur dengan didampingi mahasiswa KKN. Pertanian melalui media pot yang berasal dari botol bekas air mineral yang disusun secara vertikal untuk menanam sayur-mayur. Tarmidzi Taher, mahasiswa Fakultas Peternakan UGM yang menjadi kormanit KKN Kebonrejo menyatakan bahwa ada belasan anak-anak yang setiap hari mendatangi pondokan KKN, sehingga kedekatan karena daya tarik mahasiswa KKN ini kami anggap sebagai potensi untuk menyampaikan pesan kepada mereka. Vertikulture kita pilih sebagai media delivery message tentang pertanian dan peduli lingkungan kepada anak-anak karena atraktif, sederhana, dan bahan yang mudah didapat disekitar kita.

Mahasiswa dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL) Dr. Cahyo Wulandari, SP.M.Sc ini juga membuat biodigester untuk biogas. Lagi-lagi media ini juga menjadi bagian dari obyek untuk pemberlajaran tidak hanya untuk masyarakat tetapi juga anak-anak sekolah disekitar lokasi KKN. Bambang Suwignyo, Ph.D selaku tenaga ahli pertanian terpadu hadir untuk menjadi mentor kepada mereka terkait dengan nilai biogas. Biogas tidak sekedar energi alternatif untuk berhemat anggaran rumah tangga dari aspek belanja energi tetapi juga akan memilik efek karambol. Penggunaan energi dari biogas berarti turut berkontribusi menghemat penggunaan energi dari fosil fuel yang semakin menipis agar disisakan untuk anak cucu. Pembangunan biogas berarti turut menurunkan cemaran gas rumah kaca (GRK) berupa methan (CH4), dimana gas ini memiliki potensi hingga 20 kali lebih kuat dari carbon dalam kaitan sebagai GRK yang berdampak pada pemanasan global. Pembangunan biogas juga memicu petani untuk melakukan pertanian organik, karena pada outlet biodigester akan dihasilkan slurry dan pupuk cair yang sangat bagus untuk pupuk bagi tanaman. Pertanian organik berarti penurunan potensi rusaknya lahan karena tidak lagi menggunakan bahan kimia di lahan apalagi berlebihan. Demikian penjelasan dari Bambang Suwignyo pada pelatihan singkat Sabtu 15 Agustus 2015.

Dengan edukasi ini, harapannya pertanian menjadi aktivitas yang menarik dan tidak lagi dipandang sebelah mata. Kelak jika anak-anak telah sampai pada usia dewasa tidak akan mudah meninggalkan desa jika tidak karena kesempatan yang memang jauh lebih baik demikian kata Bu Wulan. 

 

Sat, 17 Jun 2017 @12:44


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Komentar Terbaru
  • ary
    ini Inovasi Teknologi apl...
  • fren ugm
    Buat tambahan nih ada art...
Copyright 2019 YAPERINDO All Rights Reserved