Welcome
image

DR. BAMBANG SUWIGNYO, M.Sc

+62747492595

Kategori
LINK

Detik

Jawa Pos

Kedaulatan Rakyat

Kompas

Kulon Progo

DIY

KLH

AusAID

CIDA

DEC

IFS

JICA

KNIP

ORC Trust Fund

RISTEK

SAREP

SGPPTF

SIDA

TOYOTA

UNDP

Clock

 

Pesan


Education for Sustainable Development (ESD) match to Agroecology Principles

image
Data survey secara acak mahasiswa Fakultas Peternakan UGM di dapatkan bahwa masa studi sampai lulus rata rata diatas 5,5 tahun dan waiting list yaitu masa tunggu sampai mendapat pekerjaan rata rata adalah 10,5 tahun. Hal ini memecu pemikiran Wakil Dekan III (bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama) untuk dapat meningkatkan kualitas lulusan sehingga dapat mempercepat masa studi dan memperpendek waiting list. Salah satu upaya adalah inovasi dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menciptakan field laboratory bagi mahasiswa. Field laboratory merupakan arena yang sangat representatifi untuk dua kepentingan diatas. Hal ini karena melalui field laboratory dapat dilakukan riset on farm. Riiset semacam ini tidak semata mata untuk kepentingan meluluskan mahasiswa, akan tetapi secara materi riset on farm lebih dekat dengan permasalahan lapangan. Hasil riset yang dekat dengan masalah lapangan diharapkan akan lebih bermanfaat bagi penyelesaian kasus yang biasa terjadi di tingkat petani dan praktisi. Fungsi Fakultas Peternakan UGM dalam mengemban Tri Darma Perguruan Tingi akan lebih tajam karena pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat benar benar menjadi satu kesatuan misi dan tidak terpisahkan. Kasus ini sekaligus akan mengikis pandangan masyarakat yang selama ini memandang bahwa kampus terlalu elitis dan bangga dalam intelektualitas tetapi ternyata jauh dari masyarakat. Keberadaan field laobarotiy sekaligus menjadi arena bagi mahasiswa untuk belajar banyak hal yng tidak diberikan di kelas kuliah misalnya kemandirian, kepemimpinan, manajemen, mengasah percaya diri dll. Obsesi ini kiranya sejalan dengan program universitas yang dalam lima tahun terakhir ini sedang mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran dan peningkatan kepemimpinan mahasiswa.
Saat ini minimla telah ada 3 unit field laboratory yang mejad link bagi fakultas peternakan UGM. Field laboratory untuk dataran tinggi ada di daerah Gunung Kidul. Dr. Kustantinah dan Prof. Dr. Ristianto Utomo secara aktif dan intensif melakukan pengelolaan petani dan kelompok tani dalam kerjasamanya untuk dapat dijadikan sebagai field laboratory. Saat ini telah diluluskan beberapa mahasiswa baik S1 maupun S2 dari daera tersebut. Untuk pengembangan field laboratory Gunung Kidul Fakultas Peternakan bekerjasama dengan Aberdeen University, dan MLURI Institute, Scotland, UK melalui Prof. ER. Orskov. Dr. Kustantinah Bersama dengan Dr. Ir. HAri hartadi dan Prof. Dr. Soemitro Padmowijoto mencoba mengembangkan program yang sama di daerah lain yaotu di pegunungan Menoreh di Kulon Progo.
Field laboratory untuk daerah pesisir adalah di pesisir selatan Kulon Progo. Daerah ini penuh dengan teka teki yang saat ini sedang di pelajari. Tiga orang dosen yaitu Prof. Dr. Ir. Ali Agus, Prof. Dr. Soemitro Padmiwijoto dan Bambang Suwignyo, Ph.D aktif melakukan pengembangan areal ini dengan konsep integrated farming system. Pengembangan kawasan ini atas kerjasama dengan LSM Yaperindo selama. Selain sebagai lahan penelitian areal ini juga sering dimanfaatkan untuk praktikum lapangan oleh mahasiswa. Melalui praktikum lapangan ini diharapkan mahasiswa lebih dekat mengenal obyek dan subyek yang selama ini mereka pelajari baik melalui pustaka maupun kuliah.
Pola kerjasama seperti ini akan terus dikembangkan sampai pada tingkat membangun link untuk career development. Selain tempat praktikum dan penelitian lapangan, maka masih belum lengkap kalau belum ada tempat magang bagi mahasiswa. Kerjasama dengan instansi, LSM, maupun perusahan swasta untuk dijadikan sebagai tempat magang akan sangat membantu dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan terutama sebaga upaya untuk memperpendek waiting list.

Fri, 1 Oct 2010 @08:35


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Komentar Terbaru
  • ary
    ini Inovasi Teknologi apl...
  • fren ugm
    Buat tambahan nih ada art...
Copyright 2020 YAPERINDO All Rights Reserved