Welcome
image

DR. BAMBANG SUWIGNYO, M.Sc

+62747492595

Kategori
LINK

Detik

Jawa Pos

Kedaulatan Rakyat

Kompas

Kulon Progo

DIY

KLH

AusAID

CIDA

DEC

IFS

JICA

KNIP

ORC Trust Fund

RISTEK

SAREP

SGPPTF

SIDA

TOYOTA

UNDP

Clock

 

Pesan


Berdayakan Lahan Bekas Erupsi Merapi, agroforestry

image

Bambang Suwignyo, S.Pt., M.P., Ph.D., selaku koordinator tim dari Laboratorium Hijauan dan Makanan Ternak dan Pastura Fakultas Peternakan menuturkan program pemulihan ini diilhami oleh pengembangan lahan pasir di pesisir Pantai Congot, Kulon Progo yang ditangani oleh tim Fakultas Peternakan. Lahan pasir di pesisir Pantai Congot dan lahan bekas erupsi Merapi dinilai memiliki kemiripan fisik. Saat ini tim Fakultas Peternakan bersama LSM lokal, masyarakat dan mahasiswa tengah membuat demplot untuk menjawab tantangan dari masyarakat apakah lahan bekas erupsi Merapi yang berupa lahan berpasir bisa dijadikan sebagai lahan pertanian, urainya belum lama ini

selengkapnya...

Wed, 4 Sep 2013 @11:41

Hijaukan Merapi dengan Nangka

image

Menurut Bambang Suwignyo, Ph.D, Ketua Bagian Nutrisi dan Makanan Ternak (NMT) Fakultas Peternakan UGM, kegiatan ini bagian dari jargon NMT SAHABAT HARMONI. Oleh karena itu hal-hal yang menjadi program dari bagian NMT diharapkan menjadi produk yang dapat mendukung dan menjaga harmoni dengan manusia maupun alam. Pohon nangka kita pilih karena akan menghasilkan buah nangka (jack fruit) dimana jika telah diolah akan menjadi produk gudeg yang menjadi salah satu ikon kuliner bagi masyarakat Yogyakarta, katanya di Fakultas peternakan UGM.

selengkapnya...

Wed, 4 Sep 2013 @11:37

Holcim Integrated Farming (HIFA)

image

Realisasi konsep ABG tersebut perlu dilakukan untuk memberikan dampak positif bagi kemajuan masyarakat. Dalam aplikasinya dibutuhkan kerjasama yang sinergis antara pilar-pilar tersebut dengan mengoptimalkan potensi masing-masing. Perguruan tinggi malalui konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi sudah seharusnya menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, kemanusiaan dan kebangsaan,papar Bambang Suwignyo, Ph.D, di Fakultas Peternakan UGM. DNA Berita, Rabu 23 Januari 2013

selengkapnya...

Wed, 4 Sep 2013 @11:32

Dosen UGM Temukan Bio Mulsa Pengganti Mulsa Plastik

image

Bambang Suwignyo, dosen di bagian Nutrisi dan Makanan Ternak Fapet UGM. Bambang mengatakan, penelitian merupakan salah satu kegiatan dalam payung besar penelitian pengembangan hijauan pastura di lahan pasir. Sejak 2005 lalu, dia telah merintis pemanfaatan lahan pasir untuk pengembangan hijauan dan pastura untuk makanan ternak.

selengkapnya...

Wed, 4 Sep 2013 @11:16

UGM Kembangkan Pembelajaran Berbasis Riset

"Metode itu mengedepankan pembelajaran yang bertujuan untuk membangun pemahaman mahasiswa," kata Manajer Perencanaan dan Pengembangan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UGM Bambang Suwignyo di Yogyakarta, Rabu.

selengkapnya...

Wed, 4 Sep 2013 @11:08

Riset Probiotik Pada Broiler bagi Kehidupan Lebih Baik

Salah satu aspek yang saat ini sedang dieksplorasi adalah tentang penggunaan probiotik dalam industri ayam potong. Menurut Ketua Bagian NMT Fakultas Peternakan UGM yang juga Project Manajer Kerjasama Riset NMT-EvoVONIK Bambang Suwignyo PhD selama ini industri ayam potong tidak lepas dari penggunaan obat termasuk salah satunya adalah antibiotik. http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/08/26/169557/Fakultas-Peternakan-UGM-Kembangkan-Riset-Probiotik

selengkapnya...

Wed, 4 Sep 2013 @11:04

Si Api biru itu bernama BIOGAS

image

Si Api Biru ini bukan dari gas produk pertamina yang dibeli di warung atau agen gas "elpiji", namun ini adalah api dari gas bio kotoran sapi, namanya BIOGAS. Kandang sapi ada di pojok belakang rumah saya, saya buatkan biodigester penghasil gas dengan kapasitas 9 M kubik. Hanya ada sapi satu ekor, di kandang tersebut. Sebelum biodigester untuk biogas ini jadi banyak orang komentar "pesimis" apa bisa dengan hanya satu ekor sapi. Hal serupa juga sering terlontar dari teman-teman saya di universitas, mereka memberikan hitung-hitungan kalau mau membuat biodigester untuk biogas dengan volumen 9 M kubik paling tidak harus tersedia 6 ekor sapi. Pikir saya, ini tantangan. Apa yang ada dalam benak saya sederhana saja, bahwa selama ini para petani rata rata hanya memiliki satu atau maksimal dua ekor sapi saja di rumahnya. Kalau dengan program rumah tangga petani mandiri energi yang saya dan teman-teman Yaperindo gulirkan harus menggunakan 6 ekor sapi, wah betapa sesuatu itu jauh di awang

selengkapnya...

Wed, 14 Dec 2011 @16:14
Tags: biogas

Education for Sustainable Development (ESD) match to Agroecology Principles

image

PRINCIPLES OF AGROECOLOGY Adaptation (not standardization) Biodiversity enhancement Conservation of Resources (including water, energy, soil, etc.) Recycling of Nutrients/Materials Soil Regeneration Eco-systems approach; increase synergies YAPERINDO HAVE DONE SOME PROJECTs BASED ON ESD. Think about it as early as possible: 1. Matter and energy are constants E = MC2. Stuff exists 2. There is no away, your away is my back yard 3. No such thing of free lunch, your free lunch is your grandchildren's dinner What does YAPERINDO CONTRIBUTES REGARDING ESD? Yaperindo has done with some project based on ESD: 1. Beach forest: climate change mitigation, carbon emission reduction, marginal sandy land recovery. 2. Green Energy: Wind mill, biogas, methan emission reduction. 3. Organic Farming. We still have so many dreams, willing to contribute more for our environment to take care our Earth.

selengkapnya...

Fri, 1 Oct 2010 @08:35

Peluncuran Biogas "3 in 1" Yaperindo

image

Instalasi unit biogas yang dikembangkan oleh Yaperindo tidak hanya monoton untuk keperluan masak-memasak. Bambang Suwignyo, PhD direktur eksekutif Yaperindo dan juga Dosen Fakultas Peternakan UGM menyampaikan karya terbaru dari inovasi biogas yang diberi nama Biogas "3 in 1". Biogas ini bisa untuk menghidupkan diesel air dan generator listrik bertenaga 200 watt dalam durasi 7 jam.

selengkapnya...

Tue, 13 Jul 2010 @13:23

MENGAPA PERLU ENERGY TERBARUKAN

image

Investasi untuk maas depan BUMI dan anak cucu. Berbicara mengenai energi alternatif adalah berbicara mengenai masa depan yang jauh yang mungkin kita sendiri tidak akan mengalaminya. Oleh karena itu kadang-kadang dijumpai hal aneh yang tidak masuk akal atau bahkan hal yang secara hitungan ekonomi tidak akan menghasilkan dalam jangka pendek. Bicara soal energi adalah bicara soal ekonomi jangka pandjang, bicara soal lingkungan masa depan dan bicara soal penyelamatan BUMI. Simak lengkapnya berikut ini..

selengkapnya...

Tue, 29 Jun 2010 @12:04

TENTANG YAPERINDO

YAYASAN PENGEMBANGAN EKONOMI RAKYAT INDONESIA Institute for Small Business and Economic Development ( Y APERINDO * ISSED) Nama Lembaga : Yayasan Pengembangan Ekonomi Rakyat Indonesia Alamat 1 : Jl. Wates-Puworejo Km 10, Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654 Alamat 2 : Jl. Pengasih Sentolo Km 2, Kepek Rt 49/ Rw 21, Pengasih, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta Telephone : 0274-7492595 Facximile : 0274-773179 E-mail : yaperindo2000-AT-yahoo.co.uk Kegiatan :

selengkapnya...

« 1 2

Komentar Terbaru
  • ary
    ini Inovasi Teknologi apl...
  • fren ugm
    Buat tambahan nih ada art...
Copyright 2019 YAPERINDO All Rights Reserved